Home » Artikel Guru » Peran Internet Sebagai Media Komunikasi Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran
Sabtu, 28 September 2013 - 05:20:42 WIB
Peran Internet Sebagai Media Komunikasi Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran
Diposting oleh : Administrator SMK Muhammadiyah 2 Surakarta
Kategori: Artikel Guru
- Dibaca: 44294 kali
Disiplin dalam usaha mencapai cita-cita, termasuk menguasai ilmu pengetahuan, keterampilan, dan nilai serta sikap perlu ditumbuhkan dengan memberi tanggungjawab pemecahan masalah oleh pribadi siswa. Upaya kerja keras untuk memecahkan masalah atau tantangan yang bersifat tugas individual perlu dikembangkan. Siswa perlu dibiasakan untuk mencapai kepuasan dengan usaha yang keras dari diri siswa sendiri.
Pendidikan tidak boleh terlalu memanjakan anak, bantuan yang kita berikan sifatnya hanya berupa kail untuk dapat memancing penyelesaian masalah oleh siswa sendiri. Oleh karena itu, guru harus membiasakan siswa untuk berjuang keras memecahkan masalah, dan berusaha membatasi meminta bantuan kepada orang lain (teman sebaya atau guru) sebelum segala upayanya mencapai jalan buntu siswa perlu dibiasakan untuk menghindari budaya meniru, menyontek, bersantai-santai, dan perlu ditanamkan motto "Tidak ada sukses tanpa kerja keras".
Azas korelasi perlu ditanamkan ke siswa untuk mengaitkan pokok bahasan yang diajarkan dengan pokok bahasan lain dalam satu mata pelajaran, dan menghubungkan atau memanfaatkan suatu mata pelajaran dengan data pelajaran lain dan dalam perkembangan IPTEK.
Gagasan dan pengetahuan ini akan membentuk keterampilan, sikap, dan perilaku sehari-hari sehingga siswa akan berkompeten dalam bidang yang dipelajarinya. Kegiatan belajar dan mengajar inilah yang disebut orang sebagai “pembelajaran”.
Perasaan senang akan muncul bila belajar diwujudkan dalam bentuk permainan, melakukan sendiri dan eksperimen dengan menggunakan berbagai sumber belajar yang menarik.
Siswa akan mencapai hasil belajar 10% dari apa yang dibaca, 2O% dari apa yang didengar, 30 % dari apa yang dilihat, 50 % dari apa yang dilihat dan didengar,70% dari apa yang dikatakan, dan 90% dari apa yang dikatakan dan dilakukan.
Pembelajaran Teknologi lnformasi dan Komunikasi secara garis besar agar siswa memahami dan menggunakan komputer dan informasi (computer and information literacy). Melalui pembelajaran ini siswa menjadi inovatif, adaptif, dan selektif dalam memilih informasi, sistem, dan perangkat teknologi informasi dan komunikasi untuk mendapatkan hasil yang bermanfaat.
Penulis : Nur Budi Asri Wahyuni, SE
(Guru SMK Muhammadiyah 2 Surakarta)
Februari, 2019 | ||||||
M | S | S | R | K | J | S |
1 | 2 | |||||
3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 |
10 | 11 | 12 | 13 | 14 | 15 | 16 |
17 | 18 | 19 | 20 | 21 | 22 | 23 |
24 | 25 | 26 | 27 | 28 |
April 2018 (1)
October 2017 (2)
January 2017 (2)
December 2016 (4)
March 2016 (1)
January 2016 (1)
October 2015 (2)
April 2015 (2)
February 2015 (2)
January 2014 (1)
December 2013 (3)
November 2013 (6)
October 2013 (3)
September 2013 (3)